Rabu, 29 Juni 2011

Kewajiban Orang Tua Menjamin Kesejahteraan Anak-anaknya

Allah SWT berfirman : ‘Dan hendaklah takut kepada Allah, orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mengucapkan perkataan yang benar (QS AnNisa : 9).

Sahabat Ali RA meriwayatkan dari Ibnu Abbas dia berkata, “ Ayat ini berkaitan dengan seorang yang menjelang ajalnya, ada orang lain mendengar orang ini menyampaikan wasiat yang menyengsarakan ahli warisnya, maka Allah SWT menyuruh orang yang mendengar wasiat tadi untuk mengingatkan orang yang berwaiat terebut agar bertaqwa kepada Allah swt, dan menganjurkan untuk berkata benar serta memperhatiakan ahli warinya jangan sampai terlantar”.

Dalam riwayat lain tatkala Nabi SAW menjenguk SA’ad bin Abiwaqosh, dia berkata, “Wahai Rasulullah aku memiliki kekayaan sedang ahli warisku hanya seorang anak perempuan, apakah saya boleh menyedekahkan 2/3 dari harta saya?” Rosul bersabda “tidak boleh”. Sa’ad berkata “bagaimana kalau setengahnya?” Rosul bersabda “ tidak boleh”. Saad berkata, “bagaimana kalau 1/3 nya?” Rosul bersabda “boleh”. “1/3 sudah cukup banyak, sesungguhnya jika kamu meninggalkan ahli waris berkecukupan itu lebih baik bagimu daripada meninggalkan dalam keadaan kekurangan sehingga ia mengharapkan belas kasihan orang lain.”

Ayat dan hadis diatas memberikan pemahaman bagi kita betapa penting mempersiapkan bekal buat anak-anak kita sehingga saat kita meninggalkan mereka, keadaan anak-anak kita benar-benar dalam kondisi baik selain dengan bekal keimanan yang kuat juga bekal financial yang cukup agar tidak menjadi generasi yang lemah dan mengharap belas kasihan dari orang lain.

Bagaimana kita mempersiapkan bekal buat anak-anak kita bahkan bekal hari tua kita agar saat memasuki masa pensiun dimana kita secara fisik tidak lagi productive namun kita tetap memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin komplek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar