Rabu, 29 Juni 2011

Persiapkan Tujuan Keuangan Mulai Sekarang…!!

Tujuan keuangan adalah segala sesuatu yang hendak dilakukan dan memerlukan dana yang cukup besar (diluar kebiasaan), diantaranya :

a. Biaya kuliah anak
b. Dana Pensiun/jaminan hari tua
c. Biaya jalan-jalan ke luar negeri/Naik haji
d. Membeli kendaraan atau rumah baru
e. Biaya pernikahan anak
f. Biaya rumah sakit jika terpaksa harus dirawat.
g. Dana Warisan untuk keluaraga
h. Dana Warisan keluarga, dll

Merancang tujuan keuangan berarti mempersiapkan dana yang diperlukan pada waktu tertentu (hari tua) dengan cara menyimpan secara rutin dalam jangka waktu tertentu (biasanya 10 tahun atau lebih) hingga tercapai jumlah yang diharapkan.

Persiapan akan berjalan efektiv jika dilakukan lebih awal, semakin cepat semakin baik. Misalkan kita siapkan dana kuliah anak, akan lebih baik jika kita lakukan sejak anak duduk di bangku SD, maka hal ini akan lebih efektive dan kemungkinan berhasil akan lebih besar.

Kenyataannya, semakin lanjut usia seseorang, kebutuhan hidup akan semakin kompleks. Disisi lain kemampuan mendapatkan penghasilan akan semakin menurun bahkan tidak berpenghasilan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada pola hidup yang tadinya serba cukup, menjadi serba terbatas.

Agar hal ini tidak terjadi -kehidupan kita tetap stabil meskipun tidak lagi produktif- maka kita perlu membuat perencanaan keuangan jangka panjang. Namun jangan salah metode dalam merancang keuangan Anda agar kisah Keluarga Pak Sabar tiak terjadi pada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar